Friday, December 30, 2011

Kemendikbud Siapkan Subsidi Rp 3,9 T untuk Siswa Miskin

Quote:

Anggaran pendidikan pada tahun 2012 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebesar Rp 29,19 triliun. Kemendikbud menyiapkan subsidi sekitar Rp 3,9 triliun bagi 6 juta siswa dan mahasiswa tidak mampu.

"Saat ini terdapat 1,18 juta siswa putus sekolah dan 2,33 juta lulusan SD-SMA yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi karena alasan faktor ekonomi," ujar Mendikbud M Nuh dalam jumpa pers refleksi akhir tahun 2011 di kantornya, Senayan, Jakarta, Jumat (30/12/2011).

Nuh mengatakan, itu sebabnya APBN 2012 diarahkan untuk menyediakan subsidi siswa miskin untuk menyasar sebanyak 6 juta lebih siswa. Nuh berharap bantuan siswa miskin ini akan dapat menyelamatkan paling sedikit 800 ribu siswa dari putus sekolah dan memberi kesempatan bagi 740 ribu siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

"Jika memang peserta didik karena keterbatasan ekonominya si siswa di SD sudah mendapatkan bantuan subsidi siswa miskin, maka saat peserta didik itu masuk ke SMP, dipastikan akan mendapat bantuan serupa," jelasnya.

Pemberian subsidi ini, lanjut Nuh, diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin untuk pendidikan. Selain itu, agar ada peningkatan angka melanjutkan siswa antar jenjang pendidikan dan penurunan angka putus sekolah.

"Serta penurunan kesenjangan pendidikan antara kelompok sosial ekonomi dan antar wilayah," katanya.

Bagi siswa SD dan SMP, bantuan juga bisa diterima dari penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Pada 2012 nanti, dana tersebut dapat juga dimanfaatkan untuk kebutuhan personal siswa miskin.

link

Mudah-mudahan bisa tepat sasaran dan memperluas kesempatan belajar bagi yang kurang mampu :o

ngupilduit 30 Dec, 2011

Mr. X 30 Dec, 2011
-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2011/12/kemendikbud-siapkan-subsidi-rp-39-t.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com