Thursday, December 29, 2011

5 Modifikasi Siri Terunik Tahun Ini

[imagetag]

Di perempat akhir tahun ini, penggemar gadget dilanda demam Siri, asisten digital yang ditanamkan dalam iPhone 4S besutan Apple. Namun belakangan diketahui bahwa Siri masih memiliki keterbatasan, seperti belum dapat mengeksekusi perintah tertentu atau terkadang salah memahami pertanyaan pengguna.

Apple beralasan Siri masih merupakan versi beta, dan ke depannya akan terus dilakukan penyempurnaan terhadap aplikasi ini. Tapi sebagian penggila teknologi di dunia tidak sabar menunggu Apple menyempurnakan Siri, dan mereka secara kreatif memodifikasi aplikasi ini sehingga "asisten dalam genggaman" tersebut memiliki beragam kemampuan yang cukup mengagumkan.

Situs teknologi TechCrunch, memuat lima daftar modifikasi Siri terunik tahun ini, antara lain:

1. Beeri
Beeri merupakan salah satu modifikasi Siri generasi pertama. Beeri terdiri dari sebuah perangkat robot yang berbentuk mobil, dan dapat diperintah menuangkan minuman kaleng ke dalam gelas melalui Siri.

Cara kerjanya adalah sekaleng bir atau minuman lain diikat pada mobil mainan yang dilengkapi dengan dapat microcontroller Arduino Uno yang terhubung lewat wi-fi. Pengguna kemudian meminta Siri mengirim twit "tolong tuangkan bir untukku" ke akun Twitter Beeri, dan pesan ini diteruskan ke microcontroller Arduino yang ditanamkan pada mobil mainan tadi.

Setelah twit terkirim, mobil akan mulai berjalan dan menabrakkan diri pada sebuah pelat tajam yang akan mengiris kaleng tersebut, dan menuangkan isinya ke dalam gelas melalui sebuah corong. Meski terlihat lucu, sayangnya setengah isi kaleng tumpah dalam aksi komikal yang dilakukan Beeri ini.

[imagetag]
*ilustrasi

2. Nyalakan Mobil dengan Siri
Tak ada penggemar Knight Rider yang tidak ingin memiliki mobil supercerdas yang bisa diperintah penggunanya secara lisan ini. Brandon Fiquett mengaktualisasi keinginan itu dengan memodifikasi Siri agar dapat diperintah untuk menyalakan mesin, membuka tutup bagasi, mengunci pintu, hingga mengaktifkan alarm.

Yang dilakukan Fiquett adalah menciptakan sebuah plugin yang dapat berinteraksi dengan script PHP yang terdapat pada webserver miliknya. Script PHP tersebut memungkinkan Fiquett mengirimkan perintah ke mobilnya yang memiliki sistem SmartStart Viper. Fiquett mengunggah video dirinya sedang menyalakan dan mematikan mobil Acura TL miliknya dari luar kendaraan di YouTube dengan judul 'Siri - "Start my car" - with my Acura TL'.

[imagetag]
*ilustrasi

3. Rumah Pintar dengan Siri
Dengan cara yang sama seperti modifikasi mobil sebelumnya, komunitas ioBridge mengembangkan kemampuan Siri, sehingga asisten ini dapat diperintah untuk menyalakan berbagai perangkat rumah tangga. Bila pengguna menyatakan ia kedinginan, Siri akan bereaksi dengan menyalakan pemanas ruangan. Siri juga bisa mengeksekusi perintah untuk menyalakan dan mematikan lampu, serta mematikan semua perangkat elektronik dalam rumah.

[imagetag]
*ilustrasi

4. Piano Bermain Sendiri
Bila suatu saat Anda melihat piano Yamaha Disklavier dapat berbunyi sendiri tanpa seorang pun memainkannya, jangan terburu-buru membayangkan hal mistik karena bisa jadi Siri berada di balik kejadian ini.

Rahasianya adalah pada perangkat penerima wi-fi Apple Airport Express yang disambungkan dengan piano, dan file musik berbentuk MIDI yang disimpan dalam library pengguna.

Saat pengguna meminta Siri memainkan lagu tertentu, data mengenai lagu tersebut akan dikirim secara wireless pada perangkat Apple Airport Express. Piano pun akan memainkan lagu tersebut secara otomatis.

[imagetag]
*ilustrasi

5. Remote Universal
Dengan menggunakan SiriProxy dan Arduino IR Box, Siri mampu mengubah channel televisi. Ketika pengguna berkata ia ingin melihat History Channel, misalnya, Siri akan menampilkan acara yang sedang diputar di channel tersebut, dan pengguna diberi pilihan untuk mengganti channel atau tidak.

Tidak hanya itu, peretas bahkan menambahkan kosa kata baru yang kocak tapi terbilang kasar untuk aplikasi ini. Misalnya saat pengguna meminta Siri mengganti channel, ia akan melakukannya sambil berkata "Channel telah kuganti, dasar pemalas", atau mengatakan "Apakah kamu benar-benar ingin melihat sampah ini", saat memperlihatkan acara berita yang sedang diputar CNN.

[imagetag]
*ilustrasi

:cendols:cendols:cendols:cendols :cendolb:cendolb:cendolb:cendolb

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2011/1...unik-Tahun-Ini

ReaperG 29 Dec, 2011

Admin 29 Dec, 2011
-
Source: http://kaskus-forum.blogspot.com/2011/12/5-modifikasi-siri-terunik-tahun-ini.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com