Sunday, January 29, 2012

Hatta Rajasa Ungguli 6 Capres Lainnya


JAKARTA (Pos Kota) – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa kini menjadi calon presiden (capres) paling populer karena mendapatkan porsi terbanyak dalam pemberitaan media massa tahun 2011.
"Pada 2011, Hatta Rajasa paling unggul dibanding enam capres lainnya. Keunggulan Hatta Rajasa ini karena dia memiliki dua jabatan yakni sebagai ketua Umum PAN dan Menko Perekonomian," papar Direktur Riset Developing Countries Studies Center (DCSC) Abdul Hakim di Jakarta, Sabtu (7/1).
DCSC melakukan riset calon kuat Presiden 2014 sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2011, melalui tujuh surat kabar, yakni Kompas, Media Indonesia, Indo Pos, Republika, Rakyat Merdeka, Suara Pembaruan, dan Seputar Indonesia.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode analisis isi tematik terhadap 7.476 artikel dari tujuh surat kabar tersebut.
Dari hasil analisis media itu, Hatta Rajasa menduduki peringkat teratas dengan porsi pemberitaan 32,7 persen. Disusul dengan Anas Urbaningrum sebesar 16,7 persen, Aburizal Bakrie 15,5 persen, Megawati 10,2 persen, Ani Yudhoyono 6,7 persen, Sri Sultan HB X 5,7 persen, Prabowo 4,6 persen, Sri Mulyani 4,2 persen, dan Surya Paloh 3,7 persen.
"Jika hanya diambil enam nama, yaitu Aburizal Bakrie, Hatta Rajasa, Megawati, Prabowo, Sri Mulyani, dan Surya Paloh, maka ditemukan 5.307 artikel. Dari jumlah itu Hatta juga berada di posisi teratas dengan 46 persen, lalu Aburizal 21,8 persen, Megawati 14,4 persen, Prabowo 6,5 persen, Sri Mulyani 6,0 persen, Surya Paloh," papar Abdul Hakim.
Dia menambahkan, jika hanya diambil empat nama yakni Aburizal Bakrie, Hatta Rajasa, Megawati, Prabowo, posisi pertama masih diduduki Hatta dengan porsi pemberitaan sebesar 51,8 persen dari jumlah total 4.712 artikel. Disusul Aburizal Bakrie 24,6 persen, Megawati 16,3 persen, dan Prabowo 7,3 persen.
Analisis media ini, sebagaimana dipaparkan Abdul Hakim, dapat disimpulkan bahwa para tokoh kandidat capres 2014 memang telah melakukan persiapan atau paling tidak memikirkan Pemilihan Presiden 2014. Hal itu tercermin dari tema artikel terbanyak mengenai sembilan tokoh itu yang hampir selalu menempatkan masalah Pemilu 2014 sebagai tema utama.
Abdul menjelaskan, analisis ini juga dapat dimaknai bahwa saat ini sejumlah media massa telah memberikan ruang cukup lebar terhadap para tokoh kandidat capres 2014 untuk mulai berbicara mengenai kepemimpinan nasional periode 2014-2019.
"Jadi, meskipun pemilu masih dua setengah tahun lagi, persiapan kandidat yang memiliki kans maju menjadi capres atau cawapres jika dilihat dengan hasil ini sudah dimulai. Hal itu bisa dilihat dari santernya iklan politik para calon kandidat itu, baik di media cetak maupun elektronik," kata Abdul. (aby/dms)
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/hatta-rajasa-ungguli-6-capres-lainnya.html