Monday, August 23, 2010

Telur-Telur AS Tercemar Bakteri Salmonella

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
PRODUSEN terbesar telur di Amerika Serikat beberapa hari lalu telah melakukan penarikan besar-besaran terhadap sekitar 380 juta produknya karena ditengarai tercemar bakteri Salmonella enteritidis.

Telur-telur itu diproduksi oleh Wright County Egg di Galt, Iowa, dan dijual ke seantero wilayah Amerika dalam berbagai merek dan kemasan. Sebelumnya, beberapa warga di California dan Minnesota yang diduga telah terkena racun salmomella dari telur tersebut tengah diteliti oleh Badan Obat-obatan dan Makanan.



Adapun racun salmonella dapat membahayakan kesehatan, khususnya bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, seperti lansia dan bayi. Karena, mereka memiliki daya tahan tubuh yang lemah dalam melawan infeksi. Maka itu, bila terpapar salmonella, bakteri dapat dengan cepat masuk ke aliran darah dan kemudian menyebar ke bagian-bagian lainnya.

Racun bakteri salmonella sangatlah serius dan berbahaya, kecuali bila orang tersebut segera diobati dengan antibiotik. Maka itu, penting untuk mengetahui gejala-gejala terserang bakteri ini. Orang yang terserang salmonella biasanya menunjukkan gejala seperti demam, kejang pada perut, dan diare. Gejala ini berlangsung selama 12-72 jam setelah terkontaminasi salmonella dari makanan atau minuman.

Rasa sakit akan berlangsung antara empat dan tujuh hari. Kebanyakan orang memang bisa sembuh tanpa pengobatan antibiotik. Namun, bila diare bertambah parah, untuk mencegah dehidrasi, penderita biasanya akan segera dirujuk menjalani rawat inap.

Telur memang makanan yang sulit kita hindari dalam menu sehari-hari, terlebih telur kaya akan nutrisi dan dapat diolah dengan cepat. Untuk itu, berikut ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar menghindar dari kontaminasi salmonella.

1. Simpan selalu telur di dalam kulkas
2. Buang telur yang retak dan terlihat kotor
3. Cuci tangan, peralatan memasak, dan permukaan meja dapur secara rutin dengan sabun setelah adanya kontak dengan telur mentah
4. Telur haruslah dimasak hingga kedua bagiannya, putih dan kuning, benar-benar matang. Lalu makanlah segera setelah dimasak
5. Jangan simpan telur di ruangan bersuhu hangat lebih dari 2 jam
6. Segera simpan adonan yang mengandung telur ke kulkas
7. Jangan makan telur mentah
8. Hindari makan di restoran yang menunya menggunakan telur mentah atau setengah matang.


anas arema 23 Aug, 2010


--
Source: http://anasarema.blogspot.com/2010/08/telur-telur-as-tercemar-bakteri.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com