Monday, August 9, 2010

CARA MENDATANGKAN PENGUNJUNG DI BLOG ATAU WEBSITE ANDA


Salah satu permasalahan jika blog atau website anda tidak memiliki pengunjung dalam jumlah yang banyak, hal ini artinya blog atau website anda sepi pengunjung alias tidak laku, apakah anda merasa malu dan sedih, atau kecewa berat ?

Padahal kemungkinan saja anda sudah berupaya berlanganan untuk membeli domain dan hosting dengan harga yang cukup mahal dan mendapat janji dari si penjual bahwa blog anda akan ramai dikunjungi atau pengunjung blog anda akan meledak.

Pada umumnya harga blog dan Domain bisa mencapai 100$ per Tahunnya bahkan bisa lebih, belum lagi , waktu dan tenaga yang dikeluarkan di meja internet, tentu saja hal itu tidak bisa disebut investasi, meskipun banyak sekali janji-janji yang mengatakan bersedia untuk membayar artikel anda, tetapi kenyataannya bohong besar.

Sebetulnya banyak variasi tentang “Cara mendatangkan pengunjung di blog atau website Anda”, yaitu : mulai dari cara yang sangat mahal, seperti menjadi member di okezone.com/ atau memasang iklan anda di Television (TV), bahkan ada juga dengan menggunakan jalur tercepat, yaitu memasang iklan Pay Per Click (PPC), atau juga memasang iklan anda di google adwords, atau melalui PPC di negara Indonesia saat ini, di klikSaya.com atau PPcindo.com

Cara lainnya adalah dengan memasang alamat blog atau website anda di blog atau website milik teman, yang dikenal dengan istilah link exchange (tukaran link), atau memasang alamat situs anda di website directory milik Google, contohnya di Google.co.id atau bisa juga mendaftarkanya di social bookmarking miliknya yahoo di delificious.com dan sebagainya.

Selanjutnya, silahkan ikuti beberapa petunjuk di bawah ini :

1. Memberikan HADIAH atau BONUS atau memberikan sesuatu yang lebih kepada setiap pengunjung yang datang ke blog atau website anda.

Memberi HADIAH atau BONUS sangat mudah sekali, tetapi resiko terbesarnya adalah anda harus menyediakan modal dana yang sangat besar, atau bisa juga dengan mencari sponsor yang bisa diajak kerjasama. Cara seperti ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa situs terkenal di Negara Indonesia dan hasilnya benar-benar sukses besar, contoh saja milik kickandy.com

Pada situs tersebut, selalu memberikan HADIAH atau BONUS berupa BUKU-BUKU serta bermacam hadiah lainnya kepada setiap pengunjung, sehingga jumlah pengunjung dalam sehari saja bisa mencapai ratusan.

2. Hargailah pengunjung Anda.

Dalam membangun sebuah hubungan persahabatan di dunia internet (maya) tidak berbeda jauh dengan di dunia offline (nyata). Pada prinsipnya kita harus saling memberi, saling berbagi dan saling menghargai, adalah sebuah mata rantai yang berlaku di kedua dunia tersebut.

Jika ada yang mengunjungi blog Anda dan kemudian meninggalkan komentar, meskipun hanya seorang, usahakanlah untuk mengunjungi dan memberi komentar balik di blognya. Berilah komentar yang positif dan berguna, usahakan jangan sampai memberikan komentar negatif untuk alasan apapun, sekalipun anda kurang menyukai isi artikelnya. Tunjukan bahwa Anda adalah orang yang beriman dan benar-benar tulus ingin berteman, usahakan pula untuk mengunjungi blog milik teman-teman yang sudah meninggalkan komentar di blog anda secara berkala sesuai dengan waktu longgar Anda.

Dengan demikian jika anda telah mampu membangun hubungan kerjasama yang baik dengan pengunjung anda, maka para pelanggan anda akan merasa puas dan senang untuk menjalin hubungan kerjasama dengan anda, dan pelanggan anda akan senantiasa berkunjung terus karena telah merasa di hargai atau dihormati. Sebenarnya Cara demikian ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan dan bahkan telah banyak di praktekan oleh para pemilik situs yang telah berpengalaman.

3. Menyediakan artikel atau jenis lainnya yang banyak disukai pengunjung.

Bagi pemilik situs yang tidak bertujuan mendatangkan uang, mungkin artikel anda dianggap kurang bermanfaat, karena yang dibutuhkan adalah informasi penting yang bisa membantu permasalahan, contoh : Lagu-lagu MP3, SOAL dan JAWABAN UJIAN NASIONAL, SOAL dan JAWABAN TEST MASUK CPNS, LOWONGAN CPNS, dan lain-lain, karena artikel-artikel tersebut di atas bisa dirasakan manfaatnya dan bisa dianggap telah membantu memecahkan masalah. Oleh karena itu pilihlah artikel yang sedang Trend dan banyak di cari banyak orang.

4. Mencari Teman sebanyak-banyaknya.

Usahakan setiap hari atau secara berkala, anda berusaha untuk mencari teman yang baru, karena hal ini bisa menambah jumlah pengunjung anda, artinya semakin banyak teman anda maka anda akan memiliki potensi yang sangat besar. Cobalah anda lihat blog dan Facebook milik dari para artis, tentu setiap harinya dibanjiri dengan ratusan penggemarnya. Bayangkan jika Seorang actor dan artis sudah tidak lagi memiliki penggemar, maka ke Populerannya akan musnah dan hilang di telan bumi, pada akhirnya sudah tidak laku lagi, contohnya selalu aktif di Youtube, Facebook, Twitter, dan sebagainya.

5. Bergabung dengan beberapa Group.

Usahakan agar anda bisa bergabung dengan beberapa Group yang memiliki anggota dalam jumlah yang banyak, karena salah satu manfaat yang anda dapatkan adalah anda bisa saling sharing setiap mendapatkan kesulitan, contohnya bergabung Google Buzz, Loenpia Semarang, dan sebagainya.

6. Membuat artikel secara teratur
Anda harus rajin membuat artikel secara teratur, paling tidak 2(dua) hari sekali dengan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung, semakin pengunjung merasakan manfaat dari informasi yang telah anda berikan, maka mereka akan semakin sering kembali berkunjung ke blog atau website anda, karena mereka merasa mendapat solusi dari permasalahan yang mereka hadapi.

Demikianlah isi artikel yang bisa saya sampaikan pada hari ini dan beberapa tips tersebut di atas merupakan cara yang paling sukses dan sangat ampuh dalam mendatangkan banyak pengunjung di blog atau website anda, dan hal ini saya ketahui dari beberapa laporan para pelanggan saya melalui kiriman email, saya berharap anda bisa segera mencoba dan bisa menyusul rekan-rekan anda yang telah lebih dulu berhasil dan sukses besar.

Selamat mencoba, dan semoga sukses.