Tuesday, August 17, 2010

10 Fakta Unik Serunya Ciuman

CIUMAN merupakan salah satu cara intim dan sensual untuk mengungkapkan kasih sayang terhadap orang yang dicintai. Tapi, tahukah Anda, dulu orang menghadapi ancaman guillotine karena berciuman? Guillotine ini adalah sebuah alat untuk hubukuman mati yang menjadi terkenal pada Revolusi Prancis.

Nah, simak sejumlah fakta menarik tentang ciuman dari berbagai penjuru dunia berikut ini:

Beda tempat, beda cara
Menurut antropolog, sebanyak 90 persen orang berciuman. Tapi, bukan berarti berciuman itu sama bagi setiap orang. Kebiasaan berciuman berbeda-beda di setiap pelosok dunia.

Contohnya, suku tertentu di Afrika mencium tanah pemimpin sukunya. Sedangkan di sebagian besar dataran Eropa, tidak lazim bagi laki-laki untuk saling mencium satu sama lain.

Mencium orang di kedua belah pipinya merupakan bentuk sambutan yang populer di mayoritas negara. Orang Eskimo dan Mesir 'mencium' dengan cara saling menggosok-gosokkan hidung mereka.

Ciuman=hukuman mati
Dulu, memperlihatkan afeksi di depan publik sangat dilarang di Itali. Di Naples, Itali, pada abad ke-16, hukuman untuk berciuman di muka umum adalah ancaman kematian.

Lelaki berkumis dilarang ciuman
Berhat-hatilah memilih tempat berciuman. Meski pun hukuman yang dijatuhkan tidak seberat hukuman di Itali pada zaman dulu, berciuman di muka umum masih ilegal di beberapa negara, bahkan beberapa tempat di Amerika Serikat.

Mereka yang tinggal di Cedar Rapids, Iowa, tidak diperbolehkan mencium orang asing. Sedangkan perempuan di Hartford, Connecticut, tidak diperbolehkan berciuman dengan suaminya di hari Minggu.

Sementara itu, hukum Indiana lebih aneh lagi. Di sana, ilegal hukumnya bagi lelaki berkumis untuk mencium manusia.

Ilmu berciuman
Ciuman umumnya menggunakan satu otot yang disebut orbicularis oris. Otot ini berperan dalam mengerucutkan bibir saat berciuman. Sementara itu, ilmu berciuman sendiri disebut sebagai philematology.

Bakar kalori
Ciuman bisa memberikan manfaat kesehatan. Berciuman selama satu menit sama dengan membakar 26 kalori.

Ciuman keberuntungan
Menurut legenda, Anda akan dihujani keberuntungan jika bisa mencium Blarney Stone, yakni sederet bluestone yang dibangun ke dalam benteng Blarney Castle, di Blarney, sekitar delapan kilometer dari Cork, Irlandia.

Tapi, mencium batu tersebut bukan perkara gampang. Seorang peziarah bahkan kehilangan nyawa karena terjatuh ketika berusaha menciumnya.

Untuk mencium batu itu, Anda harus duduk dengan punggung menghadap batu, sementara seseorang memegangi kaki Anda. Kemudian, bersandarlah ke belakang, berpegangan pada pegangan tangan yang ditempatkan khusus di sana, dan rendahkan diri sampai Anda bisa mencapai batu tersebut dan menciumnya.

Ciuman terlama
Rekor dunia untuk ciuman terlama dipegang oleh pasangan Amerika Rich Langley dan Louisa Almedovar. Mereka bertahan berciuman selama 30 jam 59 menit.

Miring ke kanan
Rata-rata dua pertiga orang memiringkan kepala ke kanan ketika berciuman. Beberapa orang percaya, kecenderungan ini bermula dari rahim sebelum kita dilahirkan

XOXO
Anda mungkin sering mengimbuhkan lambang 'XOXO' di bawah pesan yang Anda tulis. Seperti diketahui, huruf 'X' pada lambang itu berarti ciuman, sedangkan 'O' berarti pelukan.

Lambang ini sebetulnya berasal dari Abad Pertengahan, ketika orang-orang sering menandatangi nama mereka dengan huruf X, karena sebagian besar populasi manusia masih buta huruf. Setelah itu, mereka akan mencium dokumen tersebut.

Umur panjang
Ciuman bisa meningkatkan angka harapan hidup. Berciuman memang sering dituding sebagai penyebab meningkatnya penyakit mononucleosis, penyebaran luka dingin, dan transmisi berbagai penyakit lain. Tapi, sebuah studi menunjukkan bahwa lelaki hidup lima tahun lebih lama jika mencium istrinya sebelum berangkat kerja.


anas arema 16 Aug, 2010


--
Source: http://anasarema.blogspot.com/2010/08/10-fakta-unik-serunya-ciuman.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com