Friday, February 25, 2011

Tips Menghentikan Kebiasaan Gigit Kuku

Mungkin beberapa dari Anda memiliki kebiasaan suka menggigit kuku. Kebiasaan itu sering kali dilakukan secara tidak sadar saat seseorang mengalami tekanan, ketakutan atau nervous. Tentu kebiasaan ini bukanlah kebiasaan yang baik. Bagaimana bisa memiliki kuku cantik bila setiap waktu Anda selalu menggigitinya?

Selain itu menggigit kuku dapat menimbulkan kesan buruk pada diri Anda bila dilihat orang lain. Kuman? Jangan ditanya. Kotoran yang ada di ujung kuku bisa masuk dengan mudahnya ke dalam tubuh, dan tentu saja ini tidak baik untuk kesehatan.

Karena itu kebiasaan ini perlu segera dihentikan sebelum semakin merugikan diri Anda. Tidak sulit kok. Berikut ini adalah tips yang bisa disimak untuk menghentikan kebiasaan buruk ini.


1. Mulailah dengan menentukan jangka waktu berapa lama Anda tidak akan menggigit kuku. Misalnya selama 3 hari dalam satu minggu. Memulai berencana akan membuat lebih semangat untuk menghentikan kebiasaan ini.


2. Jika telah berhasil melakukannya, jangan lupa untuk memberi hadiah bagi diri sendiri. Hadiah dapat berupa apapun seperti membeli cat kuku atau aksesoris. Sebaliknya
, bila tidak berhasil melakukannya Anda harus memberi hukuman untuk diri sendiri. Seperti mengurangi jatah belanja untuk bulan itu. Dengan begini Anda akan terpacu untuk menepati janji tidak akan menggigit kuku lagi.

3. Ada beberapa orang yang memakai sarung tangan sepanjang hari untuk menghindari menggigiti kukunya. Andapun dapat mencobanya, toh cara ini tidak akan merugikan. Kemudian setelah beberapa hari coba cek, apakah Anda masih dapat melakukannya walaupun tanpa sarung tangan.


4. Cara lain adalah dengan memberi gel pada kuku. Ini sangat efektif karena mulut tidak akan suka dengan rasa gel yang tidak enak. Tapi perlu diperhatikan untuk memakai gel yang tidak beracun sehingga tetap aman untuk Anda.


5. Ingat bahwa kebiasaan ini merupakan kebiasaan pikiran bawah sadar, jadi coba katakan kepada pikiran sadar Anda bahwa kebiasaan ini tidak baik. Katakan bahwa Anda ingin berhenti menggigit kuku setiap hari sebelum tidur sebanyak 10 kali. Biarkan pikiran menerima informasi ini
, dan tunggu saja, tak lama kebiasaan ini akan hilang.

Jadi kunci untuk dapat berhenti menggigiti kuku adalah disiplin diri. Buat sendiri peraturan untuk diri Anda, kemudian patuhilah. Dengan mengikuti tips di atas Anda tidak akan lagi mempunyai kuku-kuku patah akibat gigitan. Semoga berhasil!


sumber : woman.kapanlagi.com 

Gudang Tips 24 Feb, 2011


--
Source: http://ahlitips.blogspot.com/2011/02/tips-menghentikan-kebiasaan-gigit-kuku.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com