Friday, November 2, 2012

10 Film Animasi Paling Mengharukan

Mendengar kata Film Animasi mungkin yang tersirat di dalam benak agan agan adalah sosok sosok lucu yang ditampilkan penuh senyum dan ceria. Tapi ternyata sadar atau tanpa agans sadari ada beberapa film animasi yang justru malah membuat yang menonton sedih dan terharu ketika sedang atau setelah menonton film animasi tersebut. Dari sekian banyaknya film animasi yang ada, inilah 10 Film Animasi Paling Mengharukan versi ane gans. Check this out :

1. Hotaru No Haka / Grave of the Fireflies


Grave of the Fireflies menceritakan kehidupan tragis nan menyentuh yang dialami dua orang kakak adik, Seita dan Setsuko di saat kota mereka, Kobe dihujani bom besar-besaran oleh pesawat Amerika pada saat perang dunia ke 2 berlangsung. Akibatnya dalam sekejap kehidupan normal dan bahagia mereka berubah drastis. Pemboman tersebut tidak hanya menyebabkan mereka harus kehilangan orangtua, namun juga membuat mereka harus berjuang bertahan hidup ditengah situasi yang tidak serba tidak pasti.

Apa yang ditampilkan oleh Grave of the Fireflies mampu memberikan gambaran realistis tentang apa yang terjadi disaat itu, sebuah gambaran pedih yang jauh dari kisah-kisah bahagia yang sering di jual animasi-animasi ceria kebanyakan. Isao Takahata dengan sangat baik menyisipkan sebuah pesan yang kuat dibalik goresan-goresan animasinya yang indah, sebuah pesan dimana perang selalu lebih banyak meninggalkan kesedihan dibanding kebahagiaan bagi orang-orang yang terlibat didalamnya, baik langsung maupun tidak langsung.

Hotaru no Haka / Grave of the Fireflies berhasil menampilkan sebuah kisah sederhana, realistis dan menyentuh yang mampu memberikan efek besar bagi para penontonnya. Tidak terlalu berlebihan rasanya jika Roger Ebert menganggap animasi satu ini adalah salah satu the most powerful anti-war movies ever made, bahkan mereka pun berani menyandingkannya dengan karya hebat Steven Spielberg, Schindler's List.
 

2. Up


Carl Fredricksen (Edward Asner) adalah bocah pendiam yang bersahabat dengan cewek Tomboy bernama Ellie, yang ternyata sama-sama mengidolakan Charles Muntz, seorang penjelajah. Kemudian Carl dan Ellie menikah. Kehidupan mereka yang diperlihatkan tanpa adegan berbicara terlihat sangat bahagia, dengan musik yang ceria dan obsesi pertama mereka adalah memiliki anak. Setelah mempersiapkan segalanya, kenyataan berubah ketika Ellie dinyatakan oleh dokter bahwa ia tidak dapat hamil. Sesaat musik menjadi lebih lambat dan sedih, namun kembali menjadi semangat saat Carl dan Ellie berusaha menyisihkan pendapatan mereka untuk terbang ke Paradise Falls, tempat Charles Muntz tadi. Namun, tetap saja halangan selalu muncul sehingga mereka selalu memakai uang dari tabungan tadi, sampai akhirnya mereka berdua menjadi kakek-nenek. Carl, yang menyadari obsesi mereka belum tercapai membeli tiket ke Amerika Selatan, dan ingin memberikan kejutan untuk Ellie. Namun, sebelum impiannya tercapai, Ellie terlebih dahulu meninggal dunia. Hal ini menyebabkan Carl benar-benar kehilangan semangat hidup dan menjadi pendiam dan tertutup.

Pagi itu, seperti biasanya Carl bangun pagi dan menjalankan aktivitasnya. Ia keluar, duduk dikursi rumahnya dan zoom out bahwa ternyata rumahnya ada di tengah-tengah pekerjaan konstruksi, mengisyaratkan bahwa rumahnya juga akan digusur sebentar lagi. Ia pergi untuk mengecek kotak surat, dan sempat berbincang-bincang dengan salah satu pekerja konstruksi. Saat sedang menonton TV, ia bertemu dengan Russell (Jordan Nagai), seorang pramuka yang bersemangat dan akan membantunya melakukan apa saja.
 

3. Wall-E


Ini merupakan kisah dimana bumi sudah dianggap tidak layak untuk menjadi tempat tinggal manusia dan bumi berubah menjadi tumpukan sampah yang tidak dapat diaur ulang akibat kemajuan teknologi yang begitu pesat. Manusia sudah berusaha untuk mencari planet lain untuk tempat tinggal mereka. Akan tetapi tidak ada palnet yang seperti bumi. Mereka akhirnya memutuskan untuk menciptakan pesawat luar angkasa untuk tempat tinggal mereka sementara karena manusia membuat robot yang ditinggal dibumi yang ditugaskan untuk membersihkan sampah tersebut dengan cara dipres dan diberi nama WALL-E.

Wall-E dibumi telah punah tetapi ada satu yang masih aktif dan dia mempunyai sahabat berupa binatang kecil seperti kecoak mereka adalah sahabat yang selalu setia menemani Wall-E saat menjalankan tugas. Suatu hari ada pesawat luar angkasa yang datang kebumi mengirim robot probe bernama EVE yang bertugas mencari tanaman sebagai tanda apakah dibumi ada tanda-tanda kehidupan lagi.



4. 5 cm per Second

Tohno Takaki dan Akari Shinohara adalah dua teman sekelasnya di sebuah sekolah dasar. Selama waktu mereka bersama-sama mereka telah menjadi teman dekat. Hubungan mereka diuji ketika Akari transfer ke kota lain karena orangtuanya pekerjaan. Keduanya berjuang untuk menjaga persahabatan mereka hidup sebagai waktu dan jarak perlahan-lahan menarik mereka terpisah. Ketika Takaki menemukan bahwa ia bergerak lebih jauh lagi, ia memutuskan untuk mengunjungi Akari yang terakhir kalinya.

Film ini adalah kumpulan dari tiga cerita; episode pertama, Oukashou, menunjukkan hari reuni mereka. Episode berikutnya, kosmonot, mengikuti cerita tentang Takaki setelah reuni berlangsung dari sudut pandang orang lain. Episode terakhir, Byousoku 5 centimeter, klip dari gerakan pikiran mereka.



5. Bambi

 
Bercerita tentang persahabatan antara Bambi, rusa kecil, dan Thumper, seekor kelinci yang imut. Bambi dan Thumper melakukan sebuah petualangan yang besar, sampai datang musim dingin yang tajam dan pemburu membunuh ibu Bambi. Musim semi datang dan mereka semua menjadi kalang-kabut, manusia datang kembali ke hutan, api besar hampir menewaskan semuanya.
 

6. Spirited Away

Cihiro adalah gadis berusia sepuluh tahun yang pindah ke kota lain bersama orang tuanya. Dia tidak begitu senang dengan rencana kepindahan tersebut dan hanya mempertimbangkan bagaimana rencana tersebut memengaruhi dirinya, mengeluh tentang semuanya termasuk sekolah barunya sampai buket bunga yang telah diberikannya kepada teman-temannya sebagai hadiah.

Ketika sedang mencari rute yang lebih dekat ke rumah baru mereka, Ayah Chihiro mengendara ke jalan kecil yang berakhir ke bangunan misterius. Orang tua Chihiro penasaran dan masuk melewatigerbang yang gelap dari bangunan tersebut. Di sisi lain, mereka menemukan apa yang mereka asumsikan sebagai taman bermain yang sudah ditinggalkan, yang nantinya disingkap bahwa tempat itu sebenarnya perbatasan antara dunia arwah dan dunia manusia.



7. Voices of a Distant Star


Voices of a Distant Star adalah cerita sepasang manusia yang dipisahkan oleh jarak dan waktu.Nagamine Mikako dan Terao Noboru adalah pasangan muda yang baru saja lulus junior high school (semacam SMP di Indonesia). Nilai mereka cukup tinggi untuk masuk sekolah senior high school (atau SMA) yang sama.Noboru dengan senang hati memberi tahu Mikako: 'Kita bisa masuk sekolah yang sama.' Dan dikejutkan oleh pernyataan Mikako bahwa ia telah mendaftarkan diri untuk ikut pasukan expedisi UNSF.

Beberapa tahun sebelumnya, manusia diserang oleh Tarisian yang membantai seluruh expedisi ke Mars. UN membangun pasukan untuk membalas dendam dan mengejar. Setelah latihan setahun, tibalah waktunya UNSF meninggalkan orbit bumi. Di antaranya, Mikako anggota kapal angkasa Risitia. Dalam perjalanan, Mikako selalu mengirim email ke Noboru. Semakin jauh jarak antara bumi dan Risitia semakin lama sampai. Sejam, seminggu, sebulan dan akhirnya setengah tahun dari Pluto. Masa tenang usai. Di Pluto, ribuan pesawat Tarisian terdeteksi dan mengejar armada UNSF yang hanya memiliki empat kapal. Sementara Mikako bergulat dengan maut, di bumi Noboru memeriksa mobile phone yang selalu dibawanya. Tetapi tidak ada email dari Mikako. Bulan demi bulan lewat. Setahun kemudian email tiba. 'Risitia melakukan space warp', Mikako dengan sedih menulis, 'Email selanjutnya akan membutuhkan waktu 8 tahun 7 bulan. Tahun demi tahun berlalu. Dan Noboru masih tetap setia menanti email.
 

8. Pocahontas


Pocahontas adalah sebuah film animasi produksi Walt Disney Feature Animation yang dirilis ke bioskop oleh Buena Vista Pictures pada 16 Juni 1995. Film ini merupakan film ke-33 dari rangkaian film animasi klasik Walt Disney. Film ini mengenai Pocahontas seorang anak kepala suku Indian yang menjalin persahabatan dengan seorang Inggris bernama John Smith. John Smith adalah salah seorang awak perusahaan Virginia Company yang menjelajah Amerika Utara membawa para pemukim Inggris.



9. The Fox and the Hound


Setelah seekor anak rubah merah menjadi yatim piatu, burung hantu Big Mama (Pearl Bailey), burung pelatuk Boomer (Paul Winchell), burung finch Dinky (Richard Bakalyan) mengatur agar anak rubah merah itu diadopsi oleh manusia bernama Widow Tweed (Jeanette Nolan). Tweed menamakannya Tod (disuarakan oleh Keith Coogan) karena mengingatkan dirinya pada anak kecil yang baru belajar berjalan (bahasa Inggris: toddler). Sementara itu, tetangga Tweed bernama Amos Slade (Jack Albertson) membawa pulang ke rumah seekor anak anjing pemburu bernama Copper (Corey Feldman), dan memperkenalkannya kepada anjing pemburunya yang bernama Chief (Pat Buttram). Tod dan Copper menjadi teman baik, dan bersumpah untuk menjadi "sahabat selama-lamanya". Slade kesal dengan Copper yang selalu pergi bermain ke tempat yang jauh, dan akhirnya Copper diikat. Sewaktu bermain dengan Copper di rumahnya, Tod tidak sengaja membangunkan Chief. Slade dan Chief mengejar Tod hingga Tweed meminta keduanya untuk berhenti mengejar. Setelah terjadi adu pendapat antara Slade dan Tweed, Slade berkata bahwa Tod akan dibunuhnya bila sekali lagi memasuki tanah pertanian miliknya. Musim berburu dimulai, dan Slade mengajak anjing-anjingnya ke hutan untuk berburu. Sementara itu, Big Mama menjelaskan kepada Tod bahwa persahabatannya dengan Copper tidak dapat berlanjut, karena anjing dan rubah adalah musuh alami, namun Tod tidak percaya.



10. Beauty and The Beast


Di prolog film, seorang peri menyamar menjadi seorang wanita tua yang ingin menginap semalam di istana seorang pangeran dengan bayaran setangkai mawar. Ketika sang pangeran mengusirnya, peri itu marah dan mengutuknya menjadi binatang atau biasa di sebut Beast mengerikan serta para pelayan juga dikutuk menjadi perabotan rumah tangga. Sang peri memberi Beast sebuah cermin ajaib di mana Beast dapat melihat tempat-tempat yang jauh. Sang peri juga memberi Beast mawar. Pada ulangtahun ke-21 Beast, kelopak mawar terakhir akan jatuh. Apabila sebelum kelopak mawar terakhir jatuh, Beast mencintai seseorang dan cintanya dibalas, Beast dan pelayan-pelayannya akan berubah menjadi manusia. Namun kalau yang terjadi sebaliknya, Beast dan pelayan-pelayan tidak akan dapat menjadi manusia lagi.

Bertahun-tahun kemudian, gadis cantik namun unik bernama Belle tinggal di kota kecil di Perancis bersama ayahnya Maurice yang merupakan seorang penemu. Belle sangat gemar membaca sehingga dia dianggap aneh oleh penduduk desa. Seorang pemburu sombong bernama Gaston berusaha meminang Belle.

Suatu ketika, Maurice hendak menunjukkan penemuan barunya ke sebuah pameran, meninggalkan Belle sendirian di rumah. Ketika Belle sedang membaca, Gaston datang untuk melamarnya. Belle menolak lamarannya.


fakta terselubung 02 Nov, 2012


-
Source: http://terselubung.blogspot.com/2012/11/10-film-animasi-paling-mengharukan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com